Minggu, 16 Desember 2012

Bahasa Arab Fushah dan Bahasa Arab Amiyah



Assalamu'alaikum.......

Sobat studpalace12.. :) 


Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tentang sesuatu yang bisa menjadikan pemersatu bangsa. Apakah itu ? Ya tepat sekali bila anda menjawab bahasa. Namun yang akan saya bahas kali ini bukan bahasa indonesia, melainkan bahasa Arab Lho,,lho..kenapa bahasa arab ? YAAA...karena bahasa Arab merupakan bahasa utama yang digunakan oleh orang muslim, terutama bahasa ini acap kali digunakan ketika kita sholat maupun membaca ayat suci al-quran...OK...langsung saja berikut infonya ........!!!!




Bahasa arab sebenarnya merupakan bahasa yg unik dan menarik. Ia juga adalah bahasa rasmi bagi agama Islam. Oleh karena itu ia perlu diberi perhatian sewajarnya agar ketulinan dan kesinambungan bahasa Al-Quran itu terpelihara. Al-Quran yg merupakan perlembagaan kepada agama Islam juga telah diturunkan dalam bahasa arab. Secara umumnya, bahasa arab merupakan eleman penting dalam menyatukan bangsa dan ia juga mencerminkan ketamadunan sesuatu bangsa tersebut. Bahasa arab juga merupakan lidah rasmi bagi seruan Ilahi dan gedung simpanan ajaran Islam untuk penganutnya. Ia juga memainkan peranan yg amat besar dalam mengembalikan kepercayaan manusia daripada menyembah berhala kepada menyembah Allah Tuhan Yang Maha Esa. Apa yg lebih menakjubkan lagi, bahasa arab juga merupakan bahasa perantaraan makhluk kepada Penciptanya. Contohnya ibadah seharian kita iaitu sembahyang. Tidak sah sembahyang seseorang itu jika tidak menggunakan bahasa arab. Ini jelas menunjukkan kepada kita satu ikatan yg sangat kukuh di antara bahasa arab dan Al-Quran yg mana tidak mungkin dijumpai pada bahasa-bahasa lain di dalam kitab suci mereka. Islam merupakan sebuah ad-din yg amat sinonim dengan bahasa arab dan dunia tidak akan mengenali Islam tanpa Al-Quran yg diturunkan dalam bahasa arab. Dengan kerana itu,ajaran Islam mewajibkan ke atas penganutnya untuk mempelajari bahasa ini dan memahaminya. Sepertimana yg disebutkan oleh Imam Ibnu Taimiah : Seseungguhnya bahasa arab itu adalah sebahagian daripada agama,mengetahuinya adalah satu kewajipan kerana memahami Al-Quran dan As-Sunnah adalah wajib dan kedua-duanya tidak akan dapat difahami kecuali dengan memahami bahasa arab. Apabila kita membincangkan tentang bahasa Arab, maka sudah tentu ia adalah bahasa Arab fushah (baku dan tulin). Kecintaan orang Arab akan bahasanya ini, membuat bahasa Arab begitu cepat berkembang. Namun banyak faktor lainnya yang mempengaruhi bahasa Arab berkembang sedemikian cepat, yang terpenting di antaranya adalah datangnya Islam. Orang-orang Arab (pendatang) mulai berasimilasi dan bersosialisasi dengan pribumi karena kelompok sosial ini semakin hari semakin bercampur. Pada saat yang bersamaan, penduduk asli (pribumi) pun kemudian merasa butuh dan berkepentingan untuk mempelajari bahasa Arab yang di gunakan oleh orang-orang Arab. 



B. Jenis – jenis Bahasa Arab




Dalam bahasa Arab, ada 2 bentuk bahasa yaitu bahasa Arab Fushah (formal) atau biasa orang mengatakan dengan bahasa al-Quran karena penggunaan bahasa Arab fusha harus memakai ilmu tata bahasa Arab (ilmu nahwu dan ilmu sharaf) dan yang kedua adalah bahasa Arab Amiyah atau biasa orang sebut dengan istilah bahasa pasaran/sehari-hari yang digunakan oleh kaum arab namun perlu diperhatikan bahwa bahasa Arab Amiyah setiap daerah/mantiqoh apalagi beda negara (ARAB) maka berbeda pula bahasa Arab Amiyah mereka bahkan logat bicaranyapun ada perbedaannya. misalnya saja bahasa Amiyah Mesir dengan Jordan jelas berbeda atau Jordan dengan Arab Saudi atau negara Arab lainnya. 


Bahasa Arab Fushah

Bahasa Arab fushah adalah bahasa Al-Quran, bahasa al-Turats al-Araby dan bahasa Arab yang dipergunakan untuk aktifitas resmi formal, bahasa koleksi, sya’ir maupun Nasar, dan bahasa yang dipakai pada produkproduk ilmu pengetahuan dan hasil-hasil pemikiran dan pengetahuan. Bahasa Arab fushah merupakan bahasa asal Arab yang dapat difahami oleh seluruh bangsa Arab walaupun ia berasal dari negara mana sekalipun dan bahasa inilah sebenarnya yg telah menyatukan bangsa-bangsa Arab dan seterusnya menghapuskan perselisihan yg berlaku sesama mereka.Bahasa Arab fusha, bisa digunakan di negara manapun. Bila mana kita berbicara dengan orang Amerika, Inggris, Spanyol, Thailand atau Negara lainnya di belahan dunia ini, maka kita akan bisa saling memahami pembicaraa kalau mereka juga menggunaka Bahasa Arab fusha pula. Jadi di sini jelas bahwa Bahasa Arab yang digunakan sekarang ini sama dengan Bahasa Arab Al-Qur’an asalkan Bahasa Arab yang digunakan itu Bahasa Arab fushah dan sesuai dengan kaidah ilmu Nahwu, Sharaf dan Balahgah.Bahasa Arab Fusha ini digambarkan sebagai bahasa yang dipakai oleh masyarakat pada masa Rasulullah SAW. Meskipun tentu saja terdapat beberapa kosa kata baru buat obyek-obyek dan konsep-konsep yang kurang familiar pada masa itu. Bahasa Arab standar ini merupakan media pokok komunkasi dalam bentuk buku-buku, majalah, surat kabar, papan-papan pengumuman, dokumen pemerintahan, surat menyurat dan surat pribadi, juga dipakai oleh media televisi dan radio, termasuk dalam pidato-pidato serta konferensi-konferensi dan seminar-seminar ilmiah bahkan di bangku-bangku kuliah. Oleh karena itu bahasa Arab standar ini merupakan bahasa yang berlaku di semua negara yang berpenduduk mayoritas Arab dan Muslim.

Bahasa Arab Amiyah


Sedangkan bahasa Arab Ammiyah adalah bahasa yang digunakan dalam keseharian dan setidaknya non formal. Di dalam bahasa Ammiyah dikenal beberapan istilah lain yang menunjukkan ma’na Ammiyah. Bahasa Arab Ammiyah kemudian dikenal juga dengan istilah ( اللغة الأزدواجية ) yang berarti paralelisme bahasa atau dikenal “lebillinguisme” yaitu adanya dua bahasa yang berbeda dalam individu atau masyarakat dalam waktu yang bersamaan. Bahasa Amiyah adalah bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari orang Arab. Bahasa Arab Amiyah tidak dapat lepas dari bahasa arab fushah (resmi). Bahasa Arab Amiyah tidak sepenuhnya sesuai dengan kaidah atau tata bahasa arab yang resmi (fushah). kegunaan bahasa arab amiyah itu sendiri sebagai penunjang kita belajar bahasa arab. 



C. Perbedaan Bahasa Arab Fushah dan Arab Amiyah


 Bahasa Arab Fushah adalah bahasa untuk generasi tempo dulu yang sudah tidak memiliki realitas kehidupan masa kini. Menurut mereka bahasa Fushah terlalu sulit untuk dipelajari karena kesusahan gramatikanya dan morfologinya, begitu juga mufradatnya. Dibanding dengan bahasa bahasa Ammiyah yang kesannya gampang, elastis diucapkan karena tidak terikat dengan aturan gramatika, morfologi dan fleksibel dalam pengayaan kosa kata. 

 Mayoritas umat Islam belum menggunakan bahasa Arab Fushah baik dalam tulisan maupun lisan. Oleh karena itu, banyak orang tidak terlalu tertarik mempelajarinya. Adapun bahasa Al-Quran maka dia adalah spesifikasi dan spesialisasi para ulama dan ahli-ahli bahasa Arab. 

Bahasa Ammiyah sangat ekonomi, efisien dan efektif untuk dipelajari ketimbang bahasa Fushah.


Demikian info dari saya ,,,cukup sekian semoga bermanfaat ..Amin..!!!
Wallahu A’lamu bi showab................................................................. 

Wassalamu'alaikum..... :)

3 komentar: